LAPORAN PRAKTIKUM STATISTIKA | ANALISIS REGRESI



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Regresi merupakan suatu teknik statistika yang dapat digunakan untuk menggambarkan hubungan fungsional antara suatu variabel tak bebas dengan satu atau beberapa variabel bebas. Regresi merupakan suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur ada atau tidaknya korelasi antarvariabel. Analisis regresi merupakan teknik statistik yang banyak penggunanya serta mempunyai manfaat yang cukup besar bagi pengambil keputusan.
Hampir semua kejadian, baik kejadian ekonomi maupun kejadian sosial lainnya, saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Kejadian-kejadian tersebut dapat dinyatakan sebagai perubahan nilai variabel, katakan variabel X dan Y. Tiap-tiap variabel tersebut itu disebut variabel bebas (independent) dan  tidak bebas (dependent).
Variabel bebas (independent) adalah variabel yang nilai-nilainya tidak bergantung pada variabel lainnya, biasanya disimbolkan dengan X. Variabel itu digunakan untuk meramalkan/ menerangkan nilai variabel yang lain. Variabel tidak bebas (dependent) adalah variabel yang nilainya bergantung pada variabel lainnya, biasanya disimbolkan dengan Y. Variabel itu merupakan variabel yang diramalkan atau diterangkan nilainya.
Di dalam praktikum statistika tidak hanya praktek-praktek latihan menyelesaikan masalah yang kemudian diselesaikan dengan metode statistik, tetapi meliputi: Proses pengambilan data, mengolah data dengan bantuan perangkat lunak komputer, menganalisis data dan mengambil kesimpulan berdasarkan analisis data. Laporan statistika analisis regresi ini dibuat untuk mengetahui hubungan antar setiap kejadian. Maka fungsi dari laporan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara rata-rata nilai UN SMA dengan lama belajar, jarak tempat tinggal, organisasi yang diikuti dan IPK mahasiswa.

B.       Rumusan Masalah
1.             Bagaimana cara mengolah dan menganalisis data menggunakan analisis data regresi linier berganda?
2.             Bagaimana hubungan antara rata-rata nilai UN SMA dengan lama belajar, jarak tempat tinggal, organisasi yang diikuti dan IPK?
C.       Tujuan Praktikum
Adapun tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui beberapa hal di bawah ini:
1.             Untuk mengetahui cara mengolah dan menganalisis data menggunakan analisis data regresi linier berganda.
2.             Untuk mengetahui hubungan antara rata-rata nilai UN SMA dengan lama belajar, jarak tempat tinggal, organisasi yang diikuti dan IPK.
D.      Struktur Isi Laporan Praktikum
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan praktikum, dan struktur isi laporan praktikum statistika.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Berisi tentang dasar-dasar teori yang mendasari praktek statistika dan bahasan mengenai materi yang sekiranya memiliki kaitan dengan rumusan masalah yang akan dibahas.
BAB III METODOLOGI
Berisi metodologi praktikum yang menerangkan tentang alat dan bahan, sumber data, metode pengambilan sampel, dan alur pengolahan data yang digunakan dalam penyusunan laporan.
BAB IV DATA DAN ANALISIS DATA
Berisi hasil pengolahan data dan analisis hasil pengolahan data tersebut.
BAB V KESIMPULAN
Berisi kesimpulan dari seluruh hasil praktikum dalam menganalisis data menggunakan statistika deskriptif dari laporan keuangan bank tahun 2012.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi referensi-referensi yang berasal dari internet dan buku.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Perubahan nilai suatu variabel tidak selalu terjadi dengan sendirinya, namun perubahan nilai itu dapat pula disebabkan oleh berubahnya variabel lain yang berhubungan dengan variable tersebut. Dalam persamaan regresi terdapat dua macam variabel, yaitu variabel dependen (y) dan variabel independen (x). Variabel dependen adalah variabel yang nilainya tergantung dengan variabel lain dan variabel indepen adalah variabel yang nilainya tidak bergantung pada variabel lain.
Sifat hubungan antarvariabel dalam persamaan regresi merupakan hubungan sebab akibat. Oleh karena itu, sebelum menggunakan persamaan regresi dalam menjelaskan hubungan antara dua atau lebih variabel, maka perlu diyakini bahwa secara perkiraan sebelumnya dua atau lebih variabel tersebut memang memiliki hubungan sebab akibat. Seperti hubungan antara nilai Ujian Nasional SMA dengan lama belajar per hari, jarak tempat tinggal dengan kampus, jumlah organisasi yang diikuti dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Hubungan linier ini secara matematis digambarkan dalam rumus sebagai berikut.
Y= b0+b1X1+b2X2+b3X3+...bnXn+e
Langkah awal analisis regresi adalah pemeriksaan terhadap asumsi yang meliputi pengujian normalitas residual, tidak adanya problem heteroskedastisitas pada residual dan tidak adanya problem autokorelasi pada residual. Dalam analisis regresi ada beberapa metode dalam menguji data output, ialah uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Autokorelasi, Uji Heterokedastisitas, Uji Kolinearitas. Yang kesemuanya untuk mengetahui pengambilan keputusan.




BAB III
METODOLOGI
A.      Alat dan Bahan
1.    Software IBM SPSS 20.
2.    Data kuisioner dari mahasiswa jurusan tafsir hadis IAIN Surakarta angkatan 2014.
B.       Sumber Data
Data ini merupakan data pimer yang bersumber dari pembagian kuisioner pada mahasiswa jurusan tafsir hadis IAIN Surakarta angkatan 2014.
C.       Metode Pengambilan Sampel
Dalam pengambilan sampel data penulis menggunakan metode dokumentasi data dan literature.
D.      Alur Pengolahan Data
1.    Pengumpulan Data
Pengumpulan data berasal dari pembagian kuisioner pada mahasiswa jurusan tafsir hadis IAIN Surakarta angkatan 2014 kemudian data yang diperlukan dimasukkan ke lembar kerja program SPSS.
2.    Penganalisaan Data
a.         Analisis regresi
·     Description: 1Pilih Analize > Regression > Linier. Masukkan y ke dalam Dependent dan x1, x2 dan x3 ke dalam Independent(s).








Gambar 1-1: Kotak Dialog “Linier Regression”
·     Pilih Statistics. Di dalam Regression Coefficient pilih Estimates. Kemudian pilih Model Fit, R squared change, Part and partial correlations, Collinearrity diagnostics.
·     Pilih Durbin-Watson di dalam Residual. Klik Continue.







Gambar1-2: Kotak Dialog “Linier Regression: Statistics”
·     Selanjutnya pilih Plots. Pilih Normal probability plot, kemudian klik Continue.







Gambar 1-3: Kotak Dialog “Linier Regression: Plots”
·     Pilih Save. Kemudian di dalam Predicted Values pilih Unstandardized, kemudian pilih Unstandardized di dalam Residuals. Klik Ok.








Gambar 1-4: Kotak Dialog “Linier Regression: Save”
b.         Membuat grafik
·     Di dalam tabel akan nampak nilai residual dan prediksi (y). Maka dari itu hitung kuadrat dari residual melalui menu Transform.
·     Pilih Compute Variable. Beri nama hasil kuadrat dengan ResSq pada target variable.
·     Pada numeric expression ketik Res_1*Res_1. Kemudian klik OK.









Gambar 1-5: Kotak Dialog “Compute Variable”
·     Pilih Graphs > Chart Builder > Scatter/Dot.
·     Pilih grafik yang berada di pojok kiri atas.
·     Selanjutnya masukkan ResSq ke dalam y-axis dan PRED1 ke dalam x-axis. Kemudian klik Ok.
Gambar 1-6: Kotak Dialog “Chart Builder”








BAB IV
DATA DAN ANALISIS DATA

A.       Data
No
NEM UN SMA
Lama Belajar/hari (dalam menit)
Jarak Tempat Tinggal (dalam km)
Jumlah Organisasi Yang Diikuti
IPK semt.2
1
8,7
30
45
0
3,53
2
7,8
60
1
0
3,19
3
6
90
5
1
3,24
4
8
60
2
0
3,35
5
8
50
2
0
3,35
6
8
60
15
1
3,41
7
8,03
90
256
1
3,3
8
7,26
30
8
1
3,2
9
7
40
15
1
3,42
10
7,7
20
10
1
3,3
11
7
90
1
1
3,29
12
8,5
90
1
1
3,49
13
7
120
100
1
2,98
14
8,25
120
7
3
3,37
15
8
60
3
2
3,33
16
8,5
0
3
3
3,65
17
7,2
14
12
0
3,3
18
8
120
68
0
3,09
19
8
60
20
2
3,15
20
8
90
350
1
3
21
8
60
0,1
1
3,38
22
6,24
45
20
1
3,15
23
8,3
60
45
1
3,38
24
7,5
60
40
3
3,45
25
7,2
48
9
1
3,35
26
8
90
286
1
3,42
27
8,3
120
0,2
4
3,27
28
8
120
11
1
3,38
29
8
60
3
1
3,48
30
9
15
15
0
3,52


B.       Analisis Data
Variables Entered/Removeda
Model
Variables Entered
Variables Removed
Method
1
Jumlah Organisasi Yang Diikuti, Jarak Tempat Tinggal (dalam km), NEM UN SLTA, Lama Belajar/hari (dalam menit)b
.
Enter
a. Dependent Variable: IPK semt.2
b. All requested variables entered.

Model Summaryb
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
Change Statistics
Durbin-Watson
R Square Change
F Change
df1
df2
Sig. F Change
1
,695a
,483
,400
,11850
,483
5,840
4
25
,002
2,146
a. Predictors: (Constant), Jumlah Organisasi Yang Diikuti, Jarak Tempat Tinggal (dalam km), NEM UN SLTA, Lama Belajar/hari (dalam menit)
b. Dependent Variable: IPK semt.2

ANOVAa

Model
Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.

1
Regression
,328
4
,082
5,840
,002b

Residual
,351
25
,014



Total
,679
29




a. Dependent Variable: IPK semt.2

b. Predictors: (Constant), Jumlah Organisasi Yang Diikuti, Jarak Tempat Tinggal (dalam km), NEM UN SLTA, Lama Belajar/hari (dalam menit)







Coefficient

Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
Correlations
Collinearity Statistics
B
Std. Error
Beta
Zero-order
Partial
Part
Tolerance
VIF
1
(Constant)
2,604
,263

9,890
,000





NEM UN SLTA
,105
,033
,464
3,180
,004
,474
,537
,457
,973
1,028
Lama Belajar/hari (dalam menit)
-,002
,001
-,381
-2,432
,023
-,435
-,437
-,350
,841
1,189
Jarak Tempat Tinggal (dalam km)
,000
,000
-,235
-1,532
,138
-,318
-,293
-,220
,877
1,140
Jumlah Organisasi Yang Diikuti
,025
,023
,166
1,105
,280
,135
,216
,159
,914
1,094
a.     Dependent Variable: IPK semt.2




















Collinearity Diagnosticsa
Model
Dimension
Eigenvalue
Condition Index
Variance Proportions
(Constant)
NEM UN SLTA
Lama Belajar/hari (dalam menit)
Jarak Tempat Tinggal (dalam km)
Jumlah Organisasi Yang Diikuti
1
1
3,791
1,000
,00
,00
,01
,02
,02
2
,759
2,234
,00
,00
,00
,77
,07
3
,307
3,514
,00
,00
,01
,11
,88
4
,139
5,226
,00
,01
,95
,09
,03
5
,003
33,104
,99
,99
,03
,02
,01

Residuals Statisticsa

Minimum
Maximum
Mean
Std. Deviation
N
Predicted Value
3,1077
3,5750
3,3240
,10636
30
Residual
-,23861
,21466
,00000
,11003
30
Std. Predicted Value
-2,034
2,360
,000
1,000
30
Std. Residual
-2,013
1,811
,000
,928
30
a. Dependent Variable: IPK semt.2
Analisis:
1.             Adjusted R2 sebesar 0,400 atau 40% yang artinya hubungan y, x1, x2, dan x3 dapat dijelaskan 40%. Dengan kata lain, nilai Ujian Nasional SMA, jarak tempat tinggal ke kampus dan organisasi yang diikuti memberi pengaruh bersama sekitar 40% terhadap IPK.
2.             Dari Tabel ANOVA dapat dilihat bahwa nilai p-value (sig.) adalah 0,002 atau lebih kecil dari nilai α (0,05), maka hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan berarti bahwa model yang sudah dibuat sudah layak.
3.             Dari hasil regresi ini diperoleh model regresi sebagai berikut:
y = 2,604 + 0,105 x1 + 0,002 x2 + 0,025 x4
·     Konstanta sebesar 2,604 menyatakan bahwa jika variabel independen dianggap konstan, rata-rata nilai IPK yang akan diperoleh adalah 2,604.
·     Koefisien regresi UN SMA (x1) sebesar 0,105 menyatakan bahwa setiap penambahan nilai UN sebesar 1, maka akan meningkatkan nilai IPK sebesar 0,105.
·Koefisien regresi Lama Belajar (x2) sebesar menyatakan bahwa setiap penambahan waktu belajar sebesar 1 menit, maka akan menambah  nilai IPK sebesar 0,002.
·     Koefisien regresi Jarak Tempat Tinggal (x3) sebesar 0  menyatakan bahwa tidak ada pengaruh sama sekali Jarak Tempat Tinggal terhadap besarnya nilai IPK yang di dapat.
·     Koefisien regresi Jumlah Organisasi (x4) sebesar 0,025 menyatakan bahwa setiap penambahan organisasi yang diikuti sebanyak 1, maka akan meningkatkan nilai IPK sebesar 0,025.
4.             Asumsi Klasik
·     Uji Normalitas
Dari Grafik Normal P-P Plot diketahui bahwa titik-titiknya hampir mengikutigaris lurus, hal ini berarti dapat diambil kesimpulan sementara bahwa residual telah mengikuti distribusi normal.
·     Uji Autokorelasi
Dari Tabel Model Summary dapat kita ketahui bahwa nilai Durbin-Watson (d) adalah sebesar 2,146. Sedangkan dari nilai Durbin-Watson tabel diketahui untuk n = 30 dan k = 4 adalah dL = 1,1426 dan dU = 1,7386. Hal itu menyatakan nilai d berada di antara dU (=1,7386) dan 4 – dU (=2,2614) berarti bahwa tidak ada autokorelasi positif atau negatif.
5.             Uji Heteroskedastisitas
Dari grafik yang kedua dapat diketahui bahwa tidak ada pola yang jelas (titik-titik menyebar), hal ini berarti bahwa tidak terjadi Heteroskedastisitas.
6.             Uji Kolinieritas
·     Dari Tabel Coefficients dapat dilihat bahwa nilai VIF untuk variabel UN SMA, Lama Belajar, Jarak Tempat Tinggal, dan Jumlah Organisasi adalah 1,028; 1,189; 1,140; 1,094. Semua itu masih di bawah 10, jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada multikolinearitas antar variabel independen.
·     Tollerance yang ditampilkan di dalam tabel Coefficients. Adapun Tollerance untuk variabel UN SMA, Lama Belajar, Jarak Tempat Tinggal, dan Jumlah Organisasi adalah 0, 973; 0,841; 0,877; 0,914. Dari semua variabel tersebut, nilainya masih di atas 0,1. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada multikolinieritas antar variabel independen.
·     Condition Index (CI) yang ditampilkan di dalam tabel Coefficients. Adapun tollerance untuk variabel UN SMA, Lama Belajar, Jarak Tempat Tinggal, dan Jumlah Organisasi adalah 2,234; 3,514; 5,226; 33,104. Dari keempat variabel tersebut, nilainya ada yang diatas 30. Sehingga ada multikolinieritas antar variabel independen kuat.
Tetapi karena nilai VIF dan Tollerance tidak terjadi multikolinieritas dan nilai CI multikolinieritas kuat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada multikolinieritas antar variabel independen.

















BAB V
KESIMPULAN

Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai Ujian Nasional SMA, jarak tempat tinggal ke kampus dan organisasi yang diikuti memberi pengaruh bersama sekitar 40% terhadap IPK. Dan model yang dibuat ini sudah layak. Rata-rata memang ada pengaruhnya antara nilai UN semasa sekolah, lamanya waktu belajar dan jumlah organisasi yang diikuti terhadap prestasi seseorang yang ditunjukkan melalui nilai IPK. Sedangkan secara umum jarak tempat tinggal dengan kampus tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap prestasi seseorang.




















DAFTAR PUSTAKA

Algifari. 2013. Analisis Regresi: Teori, Kasus, dan Solusi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.
Astuti, Septian Puji. 2015. Modul Praktikum Statistika. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta.
Oteny, Ayi. 2014. “Laporan Regresi Berganda” (online), (otenyayie.blogspot.com, diakses tanggal 27 Desember 2015 jam 18.07).

Komentar